<body>


one step ahead
Tuesday, February 06, 2007

Arrrrgh

Sumpah, stress banget hari ini.

SATU

Hari ini adalah general presentation untuk Ph.D candidate di departemenku. Kebetulan, dari labku ada 1 orang Ph.D candidate yang akan presentasi. Dia ini orang asing yang sama sekali ga pernah ngomong Jepang. Jadi presentasinya tentu saja dalam bahasa Inggris. Riset dia tentang cellulase dan xylanase.

Juniorku, exchange student dari Thailand yg kebetulan adalah Ph.D candidate tahun pertama, juga meneliti tentang xylanase. Aku bilang ke dia, bahwa dia sbaiknya datang ke presentasi seniorku. Mengingat mereka berdua sama-sama meneliti ttg xylanase, dan presentasinya dalam bahasa Inggris pula. Normalnya yah, sebagai exchange student, kan pengin tahu segala macam hal to ya. Yah, at least, aku juga mengharapkan dia pengin tahu tentang ujian-ujian yang harus dihadapi oleh seorang Ph.D candidate disini. Eh ya ampuuuun. Di luar dugaan, dia dengan santenya menolak ajakanku to. Gubrak. Padahal ya... aku udah bikinin dia jadwal riset hari ini sedemikian rupa sehingga pada saat seniorku presentasi, juniorku ini pas ga ada kerjaan. Padahalnya lagi.... ada satu family CBM (carbohydrate binding module) yang ditemukan gara-gara papernya seniorku ini. In other words, pokoknya aku jamin deh kalo hasil risetnya tu bagus.

Aku udah yang bengong banget ditolak kek gitu. Lha... emangnya aku ni mau ngajakin dia ngapain gitu lho. Orang diajakin melihat sesuatu yg (menurutku) berguna buat dia, kok malah dengan entengnya ditolak gitu.



DUA

Juniorku yang satu lagi, undergraduate tahun trakhir. Dia kan selalu baca shuuron (Master thesis) salah satu senior yah. Pas shuuronnya kubaca, menurutku shuuronnya tu ga bagus. Aku emang ga menguasai banyak kanji, but at least aku bisa ngerti arti dari thesis dalam bidangku yang berbahasa Jepang. Akhirnya kucariin thesis yg laen, yg menurutku lebih bagus. Dia sepakat bahwa thesis pilihanku lebih bagus daripada thesis pilihan dia. (Sbenernya yang native speaker/reader bahasa Jepang itu siapa sih?)

Trus sejak saat itu, aku kalo memberi penjelasan sesuatu ke dia, pasti aku bukain dulu thesis itu. Maksudku, dia aku suruh baca dulu thesis itu, baru aku jelasin. Tapi bukan brarti cara kerjaku tu sama 100% kek yang ditulis di thesis senior itu. Beda orang kan beda cara kerja ya.

Seniorku dulu pernah bilang. Kalo aku belajar sesuatu dari si A. Ikuti semua petunjuknya. Jangan bikin alur sendiri. Kalo aku belajar sesuatu dari si B, ya jangan mencampur-adukkan petunjuk si A dan si B. Pokoknya, kalo emang belum ngerti, tidak perlu sok tahu mencampur-campur petunjuk si A dan si B. Kalo kamu udah tahu, kamu mau pake cara sendiri juga terserah. Gitu katanya.

Nah.... ternyata hari ini, si juniorku ini mencampur-adukkan petunjukku dan petunjuk senior yg ditulis di dalam thesis itu. Tapi untungnya, si juniorku yang satu ini, agak bisa mikir (dibanding juniorku yang satu lagi). Dia dengan kebingungan nanya ke aku "Ini kok aneh ya, kalo di inkubasi overnight 45 derajat, apa ga beraksi itu?". Laaaaah.... siapa yg nyuruh naruh di 45 derajat itu lho. Wong aku bilang 4 derajat itu lho. Kalo petunjuk senior di thesis itu, emang di inkubasi di 45 derajat tapi tanpa substrate. Kalo petunjukku, inkubasi 4 derajat dengan substrate. Arrrrrrgggghhh.... mbok ya menaati perintahku ngapain sih. Sukanya mencampur-adukkan tu lho. Puyeng aku. Saking keselnya aku bilang "Dakara, watashi wa kare no yarikata wo hantai suru." Padahal sbenernya aku tu ga pengin bilang gitu, karena aku juga tahu kalo caranya senpai itu juga benar. Cuman si juniorku aja yang mencampur-adukkan.

Akhirnya dia bilang "Maaf ya. Nanti aku kerjain lagi."

Padahal sampel yang ini tu harus dikerjain selama 24 jam, trus butuh sampel yang lumayan banyak lagih. Dan besok Jum'at itu, ada latihan presentasi buat undergraduate student di labku. Aduuuuuh, mbok kalo lagi ga ada waktu gini, nurut aja ama aku kenapa sih. Arrrrrggggh.



TIGA

Nah... skr balik lagi ke juniorku yang Ph.D candidate. Dia ini ga bisa bahasa Inggris, apalagi bahasa Jepang. Bisanya bahasa isyarat. Sbenernya, aku ga punya pengalaman ngajarin orang pake bahasa Inggris. Jadi kadang aku mengalami kesulitan juga untuk jelasin ama dia pake bahasa Inggris.

Tiba-tiba aja tadi tu aku ga ngerti bahasa Inggrisnya 'Baransu chanto atette kudasai'. Ya udah aku ngomong bahasa Jepang aja, toh kan aku ngomong sambil sekalian praktek kan. Secara dia juga ga mudeng bahasa Inggris, aku mau pake bahasa apapun, kan buat dia ga ada bedanya, ya to. Nah.. udah aku kasih contoh, trus dia aku suruh kerjain sendiri. Eh diluar dugaan... dia malah ngacir pergi. Lho pie sih iki. Aku bilang ke dia "Atette... baransu atette." Mbuh gimana detilnya, akhirnya dia mudeng juga.

Nah... trus aku mau jelasin cara pake centrifugator. Bukan mini centrifugator... tapi centrifugator yg besar gitu. Aku tu pengin ngejelasin ke dia "Henna oto ga suru to, sugu enshinkai wo tomete kudasai. Dakara mokutekina supido wo ateru mae, koko de matte kudasai." Setelah mikir sampe puyeng, aku akhirnya bisa ngejelasin pake bahasa Inggris, tapi tololnya, aku tiba-tiba lupa bahasa inggrisnya 'henna oto'. Padahal itu kan kata yang paling penting dalam kalimat itu.

Aduuuuh stress aku. Aku tu ga punya otak bahasa. Otakku tu ga bisa memilah-milah bahasa. Akibatnya, aku ga bisa berbahasa Indonesia yang baek dan benar, ga bisa berbahasa Inggris yang baik dan benar, apalagi bahasa Jepang gitu lho. Aku membaca pelajaran dalam bahasa Inggris dan bahasa Jepang, ga mudeng kalo bahasa Indonesia. Aku presentasi dalam bahasa Inggris, ga bisa kalo harus pake bahasa Indonesia atau Jepang. Aku ngejelasin ke junior pake bahasa Jepang, ga bisa kalo pake bahasa Inggris dan Indonesia. Dalam menyampaikan sesuatu yang ga berhubungan dng pelajaran, aku pake bahasa Indonesia, ga bisa pake bahasa Inggris atau Jepang. Kalo membaca sesuatu yang bukan pelajaran, aku bisanya bahasa Indonesia, ga bisa Inggris atau Jepang. Ini emang kelemahanku, aku mengakui kok sejak dulu. Tapi kalo harus berkomunikasi dengan orang, kelemahan yang satu ini benar-benar bikin stress.

Ah embuhlah. Aku mau pulang aja aaaaah. Masih punya es krim 2 di kamar, trus liat Koukou kyoushi atau Hoshi no negau aaaaaaah.

Fujiki Naohito, I am comiiiiing. *peyuk-peyuk Fujiki Naohito*

Comments: Post a Comment
The Journal

tomorrow should be better than today



Blogroll Me!

Subscribe with Bloglines

Add http://cikubembem.blogspot.com to your Kinja digest

Listed on BlogShares


The Writer

Momo-chan.
Bukan orang biasa.
Ga suka MASAK.
Pecinta rotenburo.



Something Happened




Contact me

Send an email


Important Note

Postingan di blog ini terdiri dari kisah nyata dan fiksi. Dalam teknik penulisan di blog ini, aku lebih memilih menggunakan sudut pandang orang pertama, meski tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan sudut pandang orang ketiga.
Mengingat ada beberapa postingan yang bersumber pada kisah nyata, maka demi menjaga kerahasiaan responden, aku tidak bersedia menjawab pertanyaan yang bersangkutan dengan jati diri responden.
Kesamaan nama, tempat dan peristiwa adalah kebetulan belaka. Dan semua itu bertujuan agar maksud postingan tersampaikan dengan baik.


Archives

November 2004
December 2004
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
December 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
January 2008
May 2008
June 2008
July 2008
August 2008
October 2008
December 2008
February 2009
March 2009


Previous Posts

Jumong
The hottest kiss
Transparan
Suki dakara sayonara suru
Negau
Spoiler
Yabai!!!!!
Bahagia
Progress report
Jadilah gay untuk bisa disalahkan


Friends




Links

Panasonic Scholarship Japan
Panasonic Scholarship Indonesia
Mie University
Japanese-English Online Dictionary


Member of









Credits

  
  
  
  



Designed by mela
Get awesome blog templates like this one from BlogSkins.com