<body>


one step ahead
Sunday, May 22, 2005

Farewell travelling

Aku adalah mahasiswa berbiaya sendiri (privately financed student) yg disponsori oleh Panasonic. Bingung ya? Privately financed student kok punya sponsor? Hmmm.. jadi di Jepang itu, yang disebut scholarship student adalah mahasiswa2 yg asing yg disponsori oleh Monbukagakusho (atau MEXT, atau monbusho, atau kementrian pendidikan dan kebudayaan Jepang). Jadi mahasiswa dengan sponsor selain Monbukagakusho disebut privately financed student.

Panasonic, pasti semua pada tahu kan, itu lho yg dipromosikan ama Dian Sastro, pacar kalian atau pacarnya cowok kalian itu lho *kedips*. Dulu yg ngelamar Panasonic Scholarship di angkatanku sekitar 1800 orang. Kemudian tersaring sampe tahap akhir tinggal 12 orang. Ke 12 orang ini diundang ke Jakarta untuk mengikuti final. Kalian2 yg hobbynya berburu beasiswa pasti pada tahu lah, seleksi final beasiswa Panasonic itu adalah seleksi paling GILA dari semua beasiswa yg pernah ada. Bayangkan, kita masuk karantina Sabtu sore dan acara finalnya tu baru selesai Senin sore. Capeknya ga ketulungan deh. Dan gilanya lagi... apa sih yang ak bayangkan tentang seleksi final beasiswa itu? Apa coba yg kalian bayangkan? Hmmm... finalis2nya serius2 gitu kan, pake dasi, pake jas, pake blazer, belajar melulu, mau ikut seleksi gitu loh. Tapi... bayanganku ttg scholarship student tu hilang setelah ketemu mereka. Kekeke... ternyata orang2nya sama aja kek aku. Gila2 dan... belajar??? plis deh... jalan2 aja lebih asyik. Sampe2 pada acara penutupan, tiap finalis kan disuruh ngasih sambutan. Temenku yg udah biasa ikutan wawancara tahap akhir beasiswa macem2 sampe bilang "inilah pertama kalinya saya ikutan seleksi tahap akhir yg finalisnya gila semua". Kekekeke.. trus tahu ga ak kasih sambutan apa "Hmmm... sepertinya Panasonic tahun ini tu salah pilih finalis. Karena dengan komposisi finalis seperti ini, tampaknya lebih mirip sebagai seleksi beasiswa undergraduate daripada seleksi beasiswa master". ROFL.

Setelah acara final itu selesai, kita ber12 yg cuma bertemu 2 hari lebih sedikit itu... membuat ikrar bersama. Ikrar untuk tidak kenal menyerah belajar di negeri orang. Meski nanti yg akan ketrima Panasonic itu cuma 3 orang, tapi yg lain akan tetep berusaha cari beasiswa dan yg 3 ini harus bantu yg laen sampe dapat beasiswa. What a friend. Dan akhirnya beginilah akhirnya kami. 3 orang masuk Jepang dengan Panasonic (termasuk aku), 2 orang dengan Monbusho, satu orang dengan biaya sendiri (kerja sendiri bo, bayangkan!!!), 2 orang ke Australia dengan ADS. 2 orang sedang apply Monbusho, dan 2 orang sisanya belum bisa melamar beasiswa lagi karena tuntutan pekerjaan. What a promise. And we keep our promise.

Aku, Tari dan Lina adalah 3 dari kami ber12 yang berkumpul di Jepang Tengah. Tari dan Lina di Osaka yg megah itu, sementara aku di Mie yang ndeso (oh nasib-nasib... yg penting senseiku sayang ma ak... kekeke.. menghibur diri banget sih). Lina adalah mahasiswa bahasa yg berbiaya sendiri. Dia membiayai sekolahnya sendiri dengan kerja di restoran sushi dan jadi progammer di IT company. Lina ni bahasa jepangnya.... gilaaaaa... diantara kami ber6, dia ni satu2nya yang lulus level 2 JLPT (Japanese Language Proficiency Test, Nihongo Noryouku Shiken) dengan skor fantastis (380an dari 400, gubraaakkk. FYI... ak ga lulus, cuma 186 dari 400... kekeke).

Selama di Jepang, Lina ni adalah orang yg paling perhatian ama aku. Bahkan diantara semua temanku, kalo dibuat peringkat berdasar 'siapa yg paling perhatian ama aku', maka Lina adalah peringkat pertama. Ketika ak ga tau taifu (angin topan) itu seperti apa, Lina nelpon ngasih tahu bahwa hari ini taifu, di rumah aja jangan pergi. Akhirnya ak lari terbirit2 dari kampus ke dorm. Fiuh untung saja waktunya tepat. Telat sedikit artinya harus nginap di universitas. Kemudian pada saat gempa kuat yg menimpa Wakayama dan Mie, Lina ni menyimak TV biar ak tahu info terbaru (maklum ak ga bisa ngerti presenter2 itu pada ngomong apaan).

Kita bertiga ni bener2 kelompok jalan2 terasyik yg pernah ak miliki. Kita tu bener2 mau menderita demi sebuah kepuasan (resiko1 maen bersama kami: siap menderita). Kekekeke... kebayang ga sih, suatu saat ke Universal Studio (isinya wahana2 kek Dufan gitu... tapi ya bukan kek Dufan maenannya), dari wahana ke wahana tu kita lari sampe ak mau kepleset. Padahal orang lain jalan pelan bertamasya. Itu semua demi ngejar supaya kita bisa maen sebanyak mungkin. Trus pernah ak ama Tari nyaris bermalam di emper toko gara2 tidak berhasil menghubungi Lina buat numpang tidur (resiko2: siapkan mental di kondisi paling buruk). Kekeke... pokoknya kalo pergi ma mereka tu pasti ada aja sesuatu yg asyik.

Bulan April kemaren Lina balik Indo. Sebelum perpisahan itu, kita bertiga bikin farewell travelling dengan base camp di Mie. Acara hari pertama ke Aichi Expo (ceritanya kapan2 deh). Acara hari kedua ke Ise-Toba. Ini foto di Ise Shrine (Kuil Shinto). Ise Shrine ini adalah shrine tertua di Jepang. Kalo acara tahun baru, kadang kaisar sembahyang disini. Aku sbenernya udah berkali2 ke Ise Shrine karena nganterin teman. Tapi... believe me or not... Ise Shrine tidak pernah seindah ketika aku pergi bersama mereka, Tari dan Lina.

tari, aku dan lina di depan gerbang masuk ise jingu bersih2 batu besar deket kolam ikan


Karena mereka pengin juga ke Toba buat ikut cruising disana, terpaksa waktu dihitung2 dengan cermat. Jam 14.40 harus naek bus ke Toba kalo ga mau ketinggalan cruise. Ya ampuuuunnn... padahal kita tu ngabisin waktu buat foto2 lama banget. Jadinya sampe makan pun ga sempat. Beli mutiara2 dikit sih buat oleh2. Tapi waktu smakin mepet. Akhirnya kita janjian jam 14.35 ketemu di suatu tempat. Lalu lari ke halte bis. Wow.. again lari2 (padahal kakiku udah gempor banget gara2 sehari sebelumnya menjelajah Aichi Expo, bareng Lina ma Tari juga).

Akhirnya kita berhasil naek bus. Ak sbenernya juga ga tahu bus ini ngelewatin mana aja (resiko 3: berani tersesat). Pokoknya kita mau turun di halte terakhir, Toba. Na.. baru setengah jalan... lho lho lho... kok ada Edo Wonderland. Wuaaaa.. mauuuu itu kan tempatnya para samurai. Kita udah sepakat ga jadi ke Toba. Alih tujuan ke Edo Wonderland aja. Mau siap2 turun... lho kok busnya jalan terus ni. Ya ampuuuuuuuunnnn... ga ada penumpang yg mau brenti di Edo Wonderland. Dan ak kebingungan nyari bel nya dimana. Celingak celinguk.. ketemu belnya ada di atas (plis deh... biasanya ga pernah di atas lho). Waduuuuhhh.. tapi busnya udah terlanjur keluar dari Edo Wonderland. Huaaaaa... ya jelas ga mungkin ngebel lah... emang indonesia, bus brenti sembarang tempat. Hiks hiks hiks.. slamat tinggal Edo Wonderland (resiko 4: jangan kecewa).

Saling menghibur bahwa masih ada waktu laen buat ke Edo Wonderland (tdk buat Lina tentunya), kita tidur2 ayam sambil menahan lapar didalam bus. Fiuh... akhirnya bus nyampe di Toba juga. Celingukan nanya sini sana, akhirnya nemu loket kapal. Yes... akhirnya kita berlayar juga, menikmati pemandangan pantai Toba.



Setelah selesai berlayar, untung toko2 yang jual aksesoris2 dari mutiara masih ada beberapa yang buka. Lina beli berbagai macam oleh2 buat keluarganya. Dan ga tau kenapa yg jaga toko tu kali ini ramahnya minta ampun. Aku sampe pusing gara2 ga enak. Percaya ga... penjaga tokonya tu juga nganterin kita sampe stasiun yg ada di lantai 2 mall itu lho. Bujuggg.. bikin ga enak aja.

Akhirnya kita nyampe distasiun. Sbenernya Lina ama Tari tu mau balik dulu ke Osaka untuk ngambil barang, trus mau melanjutkan perjalanan ke Tokyo. Bujuuuuggg... ga capek ya? Ak harusnya jg ikut ke Tokyo sih.. ada acara Japan Prize dimana kita bisa ketemu Kaisar dan Permaisuri... huuu huuu huuu. Gara-gara ga ada duit terpaksa ak ga jadi ke Tokyo. *menangis*

Jadi demi ngejar waktu, kita cepat2 ke stasiun, nunggu kereta Kyuko (bhs inggrisnya ga tau, express kali ye... kreta yg berhenti hanya di stasiun2 yang agak besar). Tiga menit, lima menit. Trus ak baca petunjuk. Gubraaaakkk... ga ada kreta kyuko dari sini. Toloooonggg... brarti harus naek futsu (kreta local, kreta yg berhenti di semua stasiun). Akhirnya kita naek futsu. Seingatku, ada kreta kyuko di stasiun Ise. Ak pengin ganti kreta kyuko biar ga makan waktu lama. Habis kan kasihan Lina ma Tari, musti ngejar bus ke Osaka. Akhirnya di sebuah stasiun kecil, Lina nekat keluar kreta, mau tanya ama eki-in (karyawan kreta di kantor). Ak sampe shock, gila ni anak, ntar kreta jalan dia kejepit lagi. Bener deh.. tiba2 sirene tanda pintu kreta mau nutup berbunyi. Ak ma Tari teriak2 "Linaaaa.... cepat, pintunya....". Lina lari2 dan masuk kreta tepat pada saat pintu mau nutup. Fiiiiuuuuhhh.. dasar orang gila. Mana Lina ni dengan PD nya keluar dari kreta ga bawa tas lagi. Lha kalo pintu kretanya nutup, dia ga bawa tiket, ga bawa duit, ga bawa HP. Dasar agak gila emang anak itu. "Kamu jangan nekat lagi ah" aku agak bersungut-sungut juga. Linanya cuma cengengesan. Weeeekkksss.

Kreta berjalan lagi. Ak menyusun strategi. Di stasiun berikutnya, stasiun besar. Ak berencana keluar kreta buat nanya jalur kyuko. Toh seandainya ak ketinggalan kreta, ga masalah krn ak ga mengejar apapun juga. "Tari, HP dibawa, jangan ditaruh tas, ntar kl ak ketinggalan kreta ini, kalian tak kasih tahu musti ganti kreta dimana". Aku keluar kreta bawa semua bawaanku yg untungnya ga banyak. Untuk antisipasi kalo ketinggalan kreta gitu loh. Gosh.. untungnya ada jadwal kreta di dekat jalur kreta, sekali liat... OK, dapat. Kyuko lewat stasiun ini, tapi biar aman ganti kreta di stasiun depan aja yg lebih besar. Lalu tiba2 sirene kreta bunyi, pintu mau ditutup. Huaaaaaaaa... ak lari2, jangan sampe kejepit, jangan sampe ciaaaaaaaatttt... fiuh. Akhirnya masuk kreta... lega. Orang Jepang di kreta terheran2 memandang kita. "Again mau kejepit lagi?" gitu kali ya mereka mikirnya kekeke. Kita bertiga ketawa2 bahagia. Kekeke... Untung perjalanan selanjutnya tidak ada tragedi nyaris kejepit pintu lagi.

Kita berpisah di Nakagawa. Mereka ke Osaka. Ak ganti kreta ke arah Nagoya. Dari dalam kreta, ak melihat papan petunjuk kereta yang ke Osaka. Ada kereta ke Namba jam 18.30. Aku teriak panggil Tari "Tari.. pake kreta jam 18.30 itu". Tari mengangguk tanda mengerti. Lalu kita berpisah. Aku sampe di dormitory dengan selamat. Iseng-iseng ak buka lagi jalur kreta. "Ya ampuuuuuuuunnnn... itu tadi bukan kanjinya Namba, tapi Nabari". Gubraaaakkk... kreta itu ga nyampe Namba. Mereka harus ganti kreta lagi. Ak panik dan berusaha nelpon Tari. Gimana ga panik. Mereka ni ga bawa peta kreta sama sekali. Bahkan demi kesuksesan perjalanan mereka ke Tokyo, ak pinjemin peta kreta Tokyo. Dasar gila, mau ke kota dengan jalur kereta tersibuk didunia kok ga bawa peta kreta. Telpon ga diangkat2. Ak kirim email. "Tari itu tadi bukan kanji Namba. Kamu brenti disitu trus ganti kreta ke arah Osaka ya" email kukirim. Bbrp waktu kemudian baru dibalas Tari. "Tenang Andian, ak udah tahu kok kalo kretanya salah. Jadi tadi di Nakagawa ak pake kreta tokkyu" jelas Tari. Kereta tokkyu (kereta limited express) hanya berhenti di stasiun2 sangat besar dan biayanya sekitar 1.5 kali lebih mahal. "Tapi Lina pake kreta kyuko. Jadi nanti ak dan Lina ketemu di Umeda. Ak harus pake kreta tokkyu karena harus balik ke apartemen dulu. Sementara Lina ga perlu mampir apartemen lagi" Tari memberi progress report. Fiuuuuhhh, ak lega. Akhirnya mereka tidak ketinggalan bus ke Tokyo.


pahlawan bertopengLina balik ke Indonesia seminggu kemudian.
Kita berjanji lagi, suatu saat bakal reuni lagi di indonesia.
Slamat jalan Lina.
Kamu adalah salah satu keluargaku disini.
Foto pahlawan bertopeng ini, adalah salah satu foto favoritku.
A picture can paint a thousand words.
See you someday in Indonesia.




Comments: Post a Comment
The Journal

tomorrow should be better than today



Blogroll Me!

Subscribe with Bloglines

Add http://cikubembem.blogspot.com to your Kinja digest

Listed on BlogShares


The Writer

Momo-chan.
Bukan orang biasa.
Ga suka MASAK.
Pecinta rotenburo.



Something Happened




Contact me

Send an email


Important Note

Postingan di blog ini terdiri dari kisah nyata dan fiksi. Dalam teknik penulisan di blog ini, aku lebih memilih menggunakan sudut pandang orang pertama, meski tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan sudut pandang orang ketiga.
Mengingat ada beberapa postingan yang bersumber pada kisah nyata, maka demi menjaga kerahasiaan responden, aku tidak bersedia menjawab pertanyaan yang bersangkutan dengan jati diri responden.
Kesamaan nama, tempat dan peristiwa adalah kebetulan belaka. Dan semua itu bertujuan agar maksud postingan tersampaikan dengan baik.


Archives

November 2004
December 2004
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
December 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
January 2008
May 2008
June 2008
July 2008
August 2008
October 2008
December 2008
February 2009
March 2009


Previous Posts

Dapur baru
Karena sakura tidak untuk dimiliki
Because you loved me
The Yahoo! Messenger Emoti-Contest
Dari novel menuju film
Kenalkan, mahasiswa baru
Seperti Nobita
Musim semi telah tiba
Antara Tia dan Caca
Roy Suryo.... I love you


Friends




Links

Panasonic Scholarship Japan
Panasonic Scholarship Indonesia
Mie University
Japanese-English Online Dictionary


Member of









Credits

  
  
  
  



Designed by mela
Get awesome blog templates like this one from BlogSkins.com