<body>


one step ahead
Saturday, April 15, 2006

Customer Service

Kebetulan 2 minggu yang lalu, aku pengin banget beli MP3 player. MP3 playerku yg lama udah ga mampu lagi mencukup kebutuhanku dan kebetulan ada temen yang mau beli. Jadi aku butuh MP3 player yang baru. Kalo untuk barang2 yang agak mahal (diatas 10,000 yen) belanja online biasanya akan lebih murah. Jadi aku udah terbiasa blusuk2 yahoo shopping, rakuten, maupun toko2 lepas yg didapat dari hasil search. Untuk membeli barang impianku tersebut, search harga termurah dulu di kakaku, ternyata ada beberapa toko yang menawarkan harga termurah. Setelah baca2 profil toko2 tersebut, pilihanku jatuh kepada amazon japan. Karena ada beberapa toko yang ga nerima penukaran barang. Alasan lain adalah karena aku udah biasa beli buku di amazon.

Kebetulan barang yg mau kubeli itu, tersedia dan siap dikirimkan dalam 1-2 hari setelah order diterima. Yup, jadi akhirnya orderanku hari Jum'at, pengirimannya hari Sabtu. Jadi bakal sampe di tempatku hari Minggu atau Senin. Biasanya sih, kalo dari amazon dikirim hari Sabtu, nyampenya hari Minggu. 1 hari perngiriman. Waktu hari Minggu itu, kebetulan ada hanami party orang2 Indonesia yg belajar di Miedai. Pas aku dah mau berangkat ke hanami party, sekitar jam 12, ternyata kirimannya belum datang juga. Biasanya sih kiriman datang sebelum jam 12. Akhirnya aku tunggu bentar lagi..... dan benar deh, barangnya datang.

Malamnya, setelah pulang dari lab, aku mulai buka paketnya. Tru ngulik2 barang tersebut. Aku pengin masuk ke "MENU". Aku udah nurutin petunjuknya. Tapi kok ga ada display menunya. Huaaaa... gimana ni. Aku udah blusuk2 forum dimana2, mereka bilang emang kadang ada barang yg ga bisa terdisplay menunya, in this case, harus direset dulu atau install sofware terbaru. Nah... padahal software yg ditempatku udah terbaru, trus udah aku reset kok tetep ga bisa. Puyeng deh.

Akhirnya aku minta ganti dengan produk yang baru. Kebetulan untuk barang elektronik di amazon japan, barang bisa diganti sebelum 30 hari setelah pembelian. Setelah urusan administrasi penukaran barang beres, aku urus pengiriman barangnya dulu pake pelikan. Sistemnya chakubarai (penerima bayar yg membayar). Barang akan aku kirimkan hari Selasa. Karena hari Senin aku ga bakal ada dirumah sebelum jam 12 malam. Urusan administrasi beres hanya dengan klik2 di depan komputer. Sip deh, bisa tidur ni.

Tapi... aku ni orangnya kalo penasaran ga bakal bisa tidur. Jadi aku penasaraaaaaaaaaan banget... kenapa kok "MENU" nya ga mau terdisplay. Aku pelajari lagi manualnya. Setelah dicoba2 lagi... huaaaaaaa... ternyata bisa!!! Ternyata bo... touch padnya memperdayaiku. Jadi ada 5 tombol (4 tombol biasa dan 1 touchpad). Nah... si touch pad ini memperdayaiku gitu lho. Jadi kupikir tombol yg lain tu intensitas penekanannya juga sama dengan touch pad. Ternyata untuk tombol yg lain tu harus ditekan dengan kuat. Huahahahaha.... betapa bodohnya aku.

Yo wis.. akhirnya aku cancel pengiriman barang ke pelikan. Buat cancel ke amazon... hmmmm... besok aja deh. Habis udah menjelang subuh, dan aku udah capek. Mosok masih harus kirim email lagi ke amazon. Mumet mikir kalimat bahasa jepangnya.

Hari Senin, aku ke lab pagi. Menjelang sore... ada email dari amazon. Intinya dia minta maaf atas barang yg rusak dan dia sudah bikin order baru lagi untuk penukaran barangnya. Hari Selasa bakal dikirim barang tukarannya. Oh my God!!!! Lha wong barang yg lama aja masih di tempatku kok dia dah mau ngirim barang penggantinya tu lhooooo. Percaya banget kalo aku bakal balikin barang yg lama. Kupikir dalam logikaku, barang lama kubalikin dulu, baru barang baru dikirim. Logika orang yg terbiasa dengan customer service indonesia kali ya... kekeke.

Yo wis... malamnya, aku kirim email ke amazon lagi, bahwa produknya ternyata finally bisa dipakai jadi ga perlu kirim barang pengganti. Dibalas ama amazon, bahwa barang pengganti udah dalam proses pengiriman, jadi ga bisa dicancel, ntar kalo barangnya udah datang, ya diterima aja trus dibalikin lagi ke amazon. Ckckckck.... dan benarlah... hari berikutnya barang pengganti datang. Jadi ada 2 barang kinyis2 yg sama persis di kamarku. Hehehehe... ga usah dibalikin aja po ya? Hahahahaha.

Aku jadi inget pas setahub yang lalu tiba2 aku muntah2 habis party di labku. Ama temenku di bawa ke rumah sakit. Padahal kan kartu asuransi ga dibawa. Aku udah siap2 bakal disuruh bayar 100%. Eh... ternyata adminstrasi RSnya bilang "Kalo lupa bawa kartu asuransi, besok2 aja kalo udah sembuh balik lagi ke sini, trus ini billnya dibayar. Besok kalo mau bayar jangan lupa bawa kartu asuransinya ya." Gilaaaaaa.... kok percaya bener aku bakal balik lagi buat bayar.

Trus pas Kevin dah mau balik ke Indonesia, ada kejadian yg lebih mencengangkan lagi. FYI, Kevin kan berada di Jepang selama 6 bulan. 4 bulan opname di RS dan 2 bulan rawat jalan di apartemennya RS juga. Trus dia menjalani 2 kali operasi besar. Jadi biayanya kan bisa dibayangkan sendiri. Tapi untung dapat donatur2 dari orang2 Jepang. Nah... pada saat mau pulang ke Indonesia itu, tagihan yg belum dibayar masih banyak. Katakan... 1 juta yen. Eh admin RS nya bilang "Bayarnya besok2 aja kalo udah punya uang." Gubraaaaak, lha wong ini udah mau balik ke Indonesia gitu lho. Kok percaya banget besok2 mau dibayar.

This is what I called customer service.

Comments: Post a Comment
The Journal

tomorrow should be better than today



Blogroll Me!

Subscribe with Bloglines

Add http://cikubembem.blogspot.com to your Kinja digest

Listed on BlogShares


The Writer

Momo-chan.
Bukan orang biasa.
Ga suka MASAK.
Pecinta rotenburo.



Something Happened




Contact me

Send an email


Important Note

Postingan di blog ini terdiri dari kisah nyata dan fiksi. Dalam teknik penulisan di blog ini, aku lebih memilih menggunakan sudut pandang orang pertama, meski tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan sudut pandang orang ketiga.
Mengingat ada beberapa postingan yang bersumber pada kisah nyata, maka demi menjaga kerahasiaan responden, aku tidak bersedia menjawab pertanyaan yang bersangkutan dengan jati diri responden.
Kesamaan nama, tempat dan peristiwa adalah kebetulan belaka. Dan semua itu bertujuan agar maksud postingan tersampaikan dengan baik.


Archives

November 2004
December 2004
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
December 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
January 2008
May 2008
June 2008
July 2008
August 2008
October 2008
December 2008
February 2009
March 2009


Previous Posts

If.......
Return of the Condor Heroes 2006
Sepatu
And one by one the nights between our separated ci...
50,000 yen
Multiracial faces
Smallville 512 Reckoning: The Best Ever
Mother, how are you today?
There is something about Joey and Rachel
Ketika kejujuran dianggap sebagai kejahatan


Friends




Links

Panasonic Scholarship Japan
Panasonic Scholarship Indonesia
Mie University
Japanese-English Online Dictionary


Member of









Credits

  
  
  
  



Designed by mela
Get awesome blog templates like this one from BlogSkins.com