<body>


one step ahead
Tuesday, January 02, 2007

How to download dorama

1. TORRENT

Sumber dorama (dorama maksudnya adalah japanese drama -TV seri-) yang paling utama sebenarnya ada di trackernya D-Addicts. Sayangnya ga semua orang bisa menggunakan torrent client untuk mendownload torrent file. Aku ga bisa pake torrent client di kampus (dilarang keras!!!). Tapi untungnya ISP yang aku pakai masih memperbolehkan kegiatan download pake torrent client. Tapi bukan berarti masalahnya selesai. Karena enggak tahu kenapa, cuman local peer aja yang bisa terjangkau oleh IP-ku, akibatnya speed download jadi enggak bisa maksimum. Upload speed selalu aku atur stabil, 200 kB/s, tapi download speed yang aku dapetin paling cuman 200 kB/s, padahal koneksi internetku bisa download maksimum sampe 700 kB/s (maklum, bukan ADSL bo, cuman VDSL ajah).

Oh iya, untuk torrent clientnya, aku pernah pake bittorrent, bitcomet dan azureus. Paling nyaman sih azureus. Udah nyaman banget, ga mau pindah ke lain hati hehehe. Tapi kadang suka pengin ganti client sih, siapa tau ada client yang bisa menjangkau peer remote dari IPku. Ada yang tau?

2. DIRECT DOWNLOAD SERVERS (mostly megaupload)

Setelah aku puyeng ngurusin torrent (karena clientnya ga mampu menjangkau remote peer), akhirnya aku mulai melirik-lirik cara lain buat download dorama, tidak menggunakan torrent, tapi pake direct download server. Akhirnya aku menemukan beberapa site yang banyak mengakomodasi dorama yang bukan torrent file. Sumber doramanya tetep aja dari D-Addicts, tapi setelah mereka berhasil mendownload dorama itu, mereka bakal upload di direct download server. Beberapa site dan community yang mengakomodasi dorama non-torrent adalah sebagai berikut:
- Livejournal JDrama community (harus jadi anggota Livejournal dulu)
- Silent Regrets
- Idol Unlimited
- Himitsu
- ID-TV (bikinan orang Indonesia)

Dorama yang diupload di direct download server, 80% ada di megaupload. Sisanya tersebar di sendspace, mediafire, uploading, megashares, rapidshare, dll. Aku pernah nyoba mendownload dari berbagai macam server dengan free account (ga bayar maksudnya). Dan yang paling convenient (dari Jepang) emang megaupload sih. Yang paling aku benci adalah badongo, untung jarang yg upload di badongo. Aku pernah punya account premiumnya megaupload dan sendspace. Dan tololnya, mesti pake account premium, sendspace tetep aja suck. Banyak banget file yang corrupt, belum lagi per hari cuma bisa download 4 GB. Hoeeeeek... bikin muntah aja. Megaupload tetep yang terbaik buat aku. Untungnya, yang berpendapat seperti itu ternyata banyak. Makanya banyak orang yg lebih prefer untuk mendownload (dan upload) file di megaupload.

Sayangnya, sepertinya megaupload susah dipake dari Indonesia. Aku juga ga pernah download dari Indonesia (bisa gila bo hehehe), tapi baca-baca dari forum, keknya gitu kan ya? Habis, orang-orang Indonesia selalu protes kenapa filenya ada di megaupload, bukan rapidshare. Hehehe... padahal kan aturannya, ga boleh request file mau diupload dimana, suka-suka yang mau upload lah. Tapi barusan aku nemu blognya orang yang berdomisili di Indonesia, dia juga lebih suka download/upload file di megaupload. Trus dia berhasil ngakalin biar download di megaupload dari Indonesia bisa smooth. Tutorialnya bisa dibaca sendiri disini.

Sebenarnya aku sedikit lega membaca tutorialnya dia, yah setidaknya ternyata download megaupload dari Indonesia masih bisa diakali. Tapi begitu liat koneksinya dia, ya ampuuuun, download speednya cuman 10 kB/s. Stress dakuuuuuuuuuu.... butuh berapa lama aku bisa menyesuaikan diri dari download megaupload dengan speed 400 kB/s menjadi 10 kB/s. Bisa-bisa aku jadi kodok duluan dah.

Oh ya, untuk download megaupload, aku dah pernah nyoba beberapa macam download manager. Tapi ga tau kenapa, sering ga stabil (sering eror). Salahnya dimana, ya aku ga tau lah hehehe. Akhirnya aku pake Mega Manager. So far, buat aku, ini adalah download manager paling stabil kalau untuk download dari megaupload.

3. USENET NEWSGROUPS

Newsgroups pada dasarnya adalah mirip dengan mailing list. Kita jadi anggotanya, kita dapat membaca message di newsgroups tersebut. Penjelasan lebih lanjut mengenai usenet bisa dibaca di wikipedia. Untuk bisa mendownload dari newsgroups, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

a. Usenet Provider

Tidak semua ISP melayani download file melalui newsgroups. Contohnya Jepang, semua ISP di Jepang tidak melayani newsgroups (CMIIW). Kalo ISP kita tidak melayani newsgroups, terpaksa harus mencari provider lain, yang tentu saja tidak gratis. Untuk memilih usenet provider, ada beberapa hal yang harus diperhatikan: retention, completion, dan jumlah newsgroups yang dilayani.

Sebagai pemula, kita bisa menggunakan provider Usenext. Usenext menyediakan layanan 14 hari free trial. Lumayan untuk mempelajari usenet newsgroups. Usenext juga menyediakan software (newsreader). Menurutku, usenext adalah usenet provider yang terbaik. Retention timenya gila-gilaan (lha wong hard disknya aja 300 tera bytes gitu lho), speednya juga lumayan cepet (emang sih download speed tgt dari koneksi ISP kita, tapi dengan ISP yang sama, beda newsreader speednya beda juga loh). Kekurangannya adalah, mahal banget. Untuk 10 GB per bulan, kita harus membayar 13 USD. Glek. Akhirnya setelah habis masa trial, aku sayonara ama usenext.

Sekarang, aku memakai usenet provider yang paling termurah di dunia, Usenet-Access. Cukup membayar 6 USD per bulan untuk bisa mendownload 2 GB per hari. Aku memilih pake usenet-access, dengan pertimbangan bahwa jumlah file yang mau aku download dari usenet ternyata tidak terlalu banyak (aku udah ngecek dulu pada saat masih pake fee trial usenext). Jadi menurutku sih, download 2 GB per hari itu mencukupi. Tapi tentu saja retention timenya tidak bisa dibandingkan dengan usenext hehehe. Retention time usenet-access adalah 2 bulan, sedangkan usenext bisa mencapai 3 bulan (glek). Karena aku pake download file dari usenet setiap hari, berarti per bulan aku bisa download 60 GB. Nah, kalo misalnya kamu butuh download lebih dari 60 GB per bulan, brarti harus cari provider lain.

Untuk unlimited download, provider newshosting sangat direkomendasikan oleh para pengguna usenet. 15 USD per bulan dengan retention time 45 hari (dikit yah). Kalau pengin provider dengan retention time yang lebih bagus, maka giganews bisa menjadi pilihan. Dengan 20 USD per bulan kita mendapatkan 90 days retention.

b. Newsreader

Selain provider, hal lain yang harus diperhatikan adalah newsreader (software untuk membaca dan mendownload file usenet). Ada free dan paid software. Yang banyak direkomendasikan adalah Forte Agent.

Aku udah pernah mencoba beberapa macam newsreader, mulai dari usenext (pas masa free trial dulu), forte agent, news shark, xana news, xnews, nomad news. Aku sih lebih sreg pake Nomad News karena speed downloadnya cepet, sistem antrinya bagus, programnya ringan (ga butuh memory besar). Biasanya sih, pengguna usenet menggunakan 2 macam software. Aku juga gitu. Aku pakenya Nomad News dan Xnews. Meski Forte Agent banyak direkomendasikan, tapi entah kenapa aku ga nyaman memakainya hehehe. Aku pake Xnews kalo ada file yg completionnya rendah ketika didonload menggunakan Nomad News. Jadi, newsreader utama tetep Nomad News. Xnews hanya dipakai bila mana perlu.

c. Alamat newsgroups

Layaknya mailing list, setiap newsgroups juga punya alamat sendiri-sendiri. Untuk dorama dan Jmovie, alamat newsgroupsnya adalah sebagai berikut:

alt.binaries.multimedia.japanese
alt.binaries.multimedia.japanese.repost

Biasanya, first upload akan dikirim ke alamat yang pertama. Tapi apabila ada yang request untuk mengupload suatu file yang pernah diupload, maka reupload akan di kirim ke alamat yang kedua (repost).

4. CLUBBOX

Dorama juga diupload di clubbox. Clubbox adalah site berbahasa Korea. Untuk bisa menemukan file yang diinginkan, kita harus tahu alamat masing-masing member yang menyediakan file dorama. Untuk bisa menemukan alamat member di clubbox, rajin-rajinlah ikut forum di D-Addict dan Livejournal Jdorama community. Tidak perlu khawatir meskipun site Clubbox berbahasa Korea. Tutorial ini akan sangat membantu.
Kebetulan, aku tidak bisa mendownload menggunakan clubbox. Pernah mencoba, tapi selalu tidak berhasil mendownload file.

5. IRC

Nah... ini aku ga pernah pake hahaha. Jadi ya ga ngerti blass. Dulu pernah dijelasin temenku, cara ngedownload file dari IRC, tapi ga tau kenapa aku puyeng banget dengerin penjelasannya. Lagian aku juga udah ga butuh lagi kok hehehe.


Aku baru mulai download dorama sekitar 2 bulan yang lalu. Dulu sih, ga terlalu tertarik. Bener-bener dalam waktu yang sempit ini (udah mau pulang gitu lho), aku memaksimalkan donwload pake torrent, megaupload dan usenet. Lumayan lho hasilnya, udah ada sekitar 225-an judul dorama (including SP dorama) dan beberapa wuxia (kalau wuxia mah, udah sejak dulu downloadnya).

Bentar lagi mau pulang. Doain ya biar aku segera selesai nulis thesisnya (jadi biar ga nganggu kerjaan komputer buat download hahaha), trus doain juga downloadnya lancar (ga banyak file corrupt, ga banyak double download krn administrasi ga bagus).

Yosh, soro soro kaeru.

FIGHT-O

Comments: Post a Comment
The Journal

tomorrow should be better than today



Blogroll Me!

Subscribe with Bloglines

Add http://cikubembem.blogspot.com to your Kinja digest

Listed on BlogShares


The Writer

Momo-chan.
Bukan orang biasa.
Ga suka MASAK.
Pecinta rotenburo.



Something Happened




Contact me

Send an email


Important Note

Postingan di blog ini terdiri dari kisah nyata dan fiksi. Dalam teknik penulisan di blog ini, aku lebih memilih menggunakan sudut pandang orang pertama, meski tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan sudut pandang orang ketiga.
Mengingat ada beberapa postingan yang bersumber pada kisah nyata, maka demi menjaga kerahasiaan responden, aku tidak bersedia menjawab pertanyaan yang bersangkutan dengan jati diri responden.
Kesamaan nama, tempat dan peristiwa adalah kebetulan belaka. Dan semua itu bertujuan agar maksud postingan tersampaikan dengan baik.


Archives

November 2004
December 2004
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
December 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
January 2008
May 2008
June 2008
July 2008
August 2008
October 2008
December 2008
February 2009
March 2009


Previous Posts

Kokoro no naka ni iru kara
Baby-talk dan sok-baby-behaviour
Suami istri ribut
Kendala bahasa
Tanggung jawab
Eneg
CS
Dipuji
Onichan
Blog yang paling aku benci


Friends




Links

Panasonic Scholarship Japan
Panasonic Scholarship Indonesia
Mie University
Japanese-English Online Dictionary


Member of









Credits

  
  
  
  



Designed by mela
Get awesome blog templates like this one from BlogSkins.com