<body>

one step ahead
Wednesday, April 11, 2007

29 Maret

Bangun tidur, acara beres-beres kamar masih saja berlanjut. Trus acara packing dilanjutkan dengan packing backpack. Backpack isinya adalah komputer, barang elektronik (yang tidak dijual) serta dokumen-dokumen penting.

Hari ini aku harus berangkat ke Osaka. Sengaja berangkat pagi, karena harus melegalisasi ijazah di KJRI Osaka. Makan pagi disiapkan ama temen Cina penghuni kamar sebelah. Aku tinggal makan doank.

Ternyata tasku udah full banget, ga mampu lagi buat diisi baju-baju yang masih di tempat cucian. Akhirnya, dari tempat cucian, aku cuman ambil satu pasang kaos kaki aja. Kaos kaki bagus banget bo. Kaos kaki termahal yang pernah aku beli. Baru dipake sekali pas sotsugyou shiki aja. Dengan hati teriris, terpaksa aku relakan 3-4 baju di tempat cucian. Padahal baju itu sengaja aku beli pas aku mau berangkat ke Jepang dulu. Full of history. Tapi ya sudahlah, relakan saja.

Aku berangkat ke Osaka dengan 2 tas. Satu backpack dan satu travel bag ukuran kabin. Travel bagku isinya 4 album DVD (1 album isi 96 disc) dan beberapa buku. Beratnya sekitar 18-20 kg. Jelas tidak memenuhi ukuran kabin (maksimal 7 kg). Tapi karena tas itu adalah travel bag yang ada rodanya, jadi kan ringan dibawa. So, aku berpikir bahwa pramugari bisa dikelabui. Toh tasnya bakal aku taruh di bawah kursi kok.

Kamarku ada di lantai 4. Chin-san (yg buatin sarapan tadi) bantuin aku nurunin tas ke lantai 1. Trus dia juga nganterin sampe bus stop. Pas busnya datang, ternyata aku ga bisa naikin tasnya ke bus. Mungkin karena aku kecapekan, dua minggu terakhir tiap akhir kerjaannya angkut-angkut barang mulu.

Pas sampe di Tsu-eki (stasiun), ternyata lagi-lagi aku mengalami kesulitan untuk nurunin tasnya dari bus. Oh my God. Padahal kan di dalam stasiun kereta kan pasti ada tangga donk. Bagaimana mungkin aku bisa ngebawa tas ini sampe Osaka. Untungnya aku bawa tas cadangan. Semua album DVD aku keluarin dari koper, trus dimasukin ke tas cadangan. Jadi bebannya aku bagi 2. 10 kg di tangan kiri, 10 kg di tangan kanan, 10 kg di backpack. Dengan manajemen barang seperti ini, aku dengan sukses bisa naek-turun tangga di stasiun.

Sampailah dengan selamat di Namba. Pindah pake chikatetsu karena aku mau ke KJRI. Di Shinsaibashi, tas aku titipin di loker dulu. Aku sampe di KJRI jam 12. Padahal jam istirahat dari jam 12 sampai jam 1. Urusan legalisasi ijazah selesai sekitar jam 14:30. Trus... mosok langsung ke hotel sih. Ga aku banget deh. Huahahaha. Jalan-jalan donk di Shinsaibashi. Karena aku batal melewatkan my last caramel machiato di Starbuck Sakae, aku bertekad untuk menikmati my last caramel machiato di Starbuck Shinsaibashi. But, setelah dipikir-pikir lagi, aku udah sering jalan dari arah Shinsaibashi ke Namba. Jadi udah tahu isi toko-toko di situ. Akhirnya aku jalan ke arah berlawanan deh. Wuaaaaaaaaaa... untungnya aku jalan ke arah berlawanan deh. Nemu toko aksesoris yang bagus-bagus. Belanja aksesories buat nyokap ama mama. Trus nemu toko olahraga. Sejak ke Jepang, aku kan sukanya pake baju-baju kawai. Tapi, ternyata suamiku merasa eneg kalo tiap hari ngeliat aku pake baju kawai. Dia sukanya aku pake baju olahraga. Dan baju olahraga kesukaan dia itu... bahannya udah tertentu... dan baju dengan bahan seperti itu selalu mahal. Kalo beli baju request dia, aku harus nungguin toko olahraga di tempatku diskon. Habis aku maunya satu baju harus maksimum 2500 yen sih. Mana bisa terbeli kalo ga diskon. But... di toko olahraga di Shinsaibashi itu, aku nemu baju olahraga dengan bahan itu cuman 1000 aja. Jelas bukan branded donk, cuman 1000 gitu lho. But who cares baju bermerk atau enggak. Yang penting kan bahannya adalah bahan yang disukai Memel.

Puas jalan-jalan, trus ke hotel. Hotel yang aku pilih ini, posisinya di dekat Nankai-line. Coz perjalanan ke KIX (Kansai International Airport) kan pake Nankai. Aku nyari hotel-hotel murahan di daerah Nishinari, Shin Imamiya. Per hari cuma 2200 yen. Ternyata daerah itu adalah daerah hotel-hotel murah. Bahkan per hari 1200 yen juga ada loh.

Aku pulang ke Indonesia barengan ama keluarganya Pak Edy. Kebetulan Pak Edy pulang tanggal 31 Maret pake JAL. Tiketnya ga boleh diganti pake maskapai lain. Jadi, keluarga pak Edy (istri dan 2 anak) pulang ke Indonesia barengan ama aku. Jadi, satu rombonganku terdiri dari 4 orang.

Meski sebagian besar baggage kita udah dikirim pake takyubin dari Tsu ke airport, tapi kan tetep aja ada baggage yang masih dibawa. Dan rombonganku tu ada anak kecilnya 2 orang. Mereka jelas tidak bisa diharapkan untuk membawa tas hehehe. Karena menyadari bahwa tas bawaan kami itu berat, akhirnya setelah check-in, aku memutuskan untuk melakukan reharsal. Yup, reharsal berangkat dari hotel menuju ke airport. Wuakakaka... aku kok lama-lama jadi Jepang banget gini ya. Semua hal harus ada reharsalnya.

Reharsal pertama adalah menentukan rute berangkat. Ada 3 macam option. Satu, ke Namba pake chikatetsu, trus namba-airport pake Nankai. Dua, Shin Imamiya-airport pake Nankai. Tiga, Shin Imamiya-Namba-Airport pake Nankai. Takutnya kalo pake rute kedua, di Shin Imamiya susah tidak kebagian tempat duduk sehingga kita harus berdiri selama at least 15 menit (based on: pengalamanku naek Nankai dari Namba-Wakayama 1.5 tahun yang lalu). Rute pertama dipertimbangkan karena jarak hotel-eki chikatetsu lebih dekat daripada jarak hotel-Shin Imamiya eki Nankai-line.

Akhirnya aku melakukan reharsal jalan kaki dari hotel ke eki chikatetsu maupun eki Nankai line. Ternyata perjalanan ke eki Nankai line, meski lebih jauh, tapi masih bisa di toleransi (untuk ibu dan anak). Lalu, di eki Nankai line, tersedia full elevator (tanpa tangga sama sekali), sementara di eki chikatetsu, meski ada elevator tapi tetep aja ada tangga. Akhirnya aku mengeliminasi option pertama. Perjalanan positif pake option kedua atau ketiga.

Di Shin Imamiya eki, aku juga menyempatkan ambil jadwal kreta. Inilah pertama kali dalam hidupku, aku melakukan travelling dengan reharsal dan perencanaan yang teliti banget. Maklum deh, bawa anak-anak gitu lho. Anak-anak bukan orang dewasa, tidak bisa diajak bekerja-sama.

Setelah selesai reharsal, aku pergi ke toko 100 yen buat beli tas. Tas 100 yen aja lah... buat cadangan kalo ada apa-apa besok atau kalo tas tambahan dibutuhkan. Trus aku balik ke hotel. Janjian untuk ketemu Pak Edy. Istri Pak Edy pengin ikut aku pergi ke Shin Osaka buat beli yatsuhashi (makanan khas Kyoto). Dalam perjalanan menuju hotel, tiba-tiba disapa oleh seseorang, most probaly fansku hoeeeek. Ketemu fans adalah hal yang paling menyebalkan di seluruh dunia, apalagi kalo kita sedang sibuk. Tapi aku pas lagi enggak sibuk dan dia pinter bahasa Inggris. Jarang loh ada orang Jepang yang pronounciation bahasa Inggrisnya bagus. Yah, terpaksa harus ngobrol-ngobrol lama. Aku paling ga suka ngomong bahasa Inggris ama orang Jepang. Wagu aja gitu. Jadi dia ngomong bahasa Inggris, aku jawab bahasa Jepang.

Dia heran banget, kok aku bisa-bisanya nginep di Nishinari. Dia ga habis pikir kok aku bisa-bisanya menemukan hotel di Nishinari (Ini adalah pertanyaan standar orang Jepang kalo aku menemukan sesuatu yang menurut mereka aneh). Menurut dia, Nichinari adalah daerah paling rawan di seantero Jepang. Huaaaaaaaaaaa.... sumpeh, baru tahu aku. Emang sih, pas nyampe di Nishinari aku juga langsung shock gitu deh. Habis kumuh banget gitu lho, berasa udah di Indonesia aja (huahahahaha).

Sampe di hotel, internetan bentar di lobi. Ga berapa lama, keluarga Pak Edy datang. Mereka habis maen ke Osaka Aquarium. Istri Pak Edy (mbak Fitri) kecapekan, jadi dia mau istirahat bentar dulu. Akhirnya aku balik ke kamar lagi. Nungguin mbak Fitri siap. Jam 19:15, mbak Fitri bilang kalo dia ga bisa pergi. Whaaaaaat??? Huuuu huuuu huuuu... tahu gitu dari tadi aku berangkat. Karena takut jam 20:00 toko udah tutup, akhirnya aku buru-buru pergi. Dari hotel sampe stasiun aku lari. Selain karena takut telat, juga karena aku takut ketemu yakuza (huahaha). Maklum, ini adalah daerah paling rawan se-jepang gitu loh :D . Sampe Shin-Osaka, langsung beli yatsuhashi, 5 menit aja cukup. Trus langsung balik lagi naek kereta. Takut kemalaman, takut kalo harus seorang diri dari stasiun ke hotel. Daerah paling rawan se-Jepang gitu loh :p . Sampe stasiun, aku langsung lari ke hotel. Legaaaa... banget setelah sampe hotel. Setidaknya hari ini aku selamat dari ancaman kaum barbar di Nichinari Osaka.

Malam terakhir di Jepang dilewatkan di hotel paling murah yang pernah aku sewa selama travelling di Jepang.

Comments: Post a Comment
The Journal

tomorrow should be better than today

Blogroll Me!

Subscribe with Bloglines

Add http://cikubembem.blogspot.com to your Kinja digest

Listed on BlogShares

Contact me

Send an email

Important Note

Postingan di blog ini terdiri dari kisah nyata dan fiksi. Dalam teknik penulisan di blog ini, aku lebih memilih menggunakan sudut pandang orang pertama, meski tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan sudut pandang orang ketiga.
Mengingat ada beberapa postingan yang bersumber pada kisah nyata, maka demi menjaga kerahasiaan responden, aku tidak bersedia menjawab pertanyaan yang bersangkutan dengan jati diri responden.
Kesamaan nama, tempat dan peristiwa adalah kebetulan belaka. Dan semua itu bertujuan agar maksud postingan tersampaikan dengan baik.

Archives

Member of

Credits

Designed by mela
Get awesome blog templates like this one from BlogSkins.com