<body>


one step ahead
Saturday, July 22, 2006

Peringatan bencana

Bahwa Indonesia tu rawan gempa, semua orang juga udah tahu. Bahwa daerah paling aktif (gempa) itu adalah Jepang, semua orang juga udah tahu. Aku paling takut ama gempa. Dan aku datang ke Jepang. Lama2 aku terbiasa juga dengan gempa kecil2 yang sering terjadi. Maklum aku orangnya sangat sensitif kalo tentang gempa. Gempa terhebat dalam hidupku juga aku alami di pas aku berada di Jepang.

Tapi emang sejak tsunami di Aceh itu, gempa2 hebat banyak terjadi di Indonesia. Sampe2 ak kadang merasa heran juga. Pas aku di Indonesia, gempa2 hebat banyak terjadi di Jepang. Giliran aku ke Jepang, gempa2 hebat banyak terjadi di Indonesia. Hmmmm.....

Bahwa di Indonesia banyak terjadi gempa akhir2 ini, jelas bukan hal yang aneh. Wong emang lokasinya ada di daerah rawan gempa kok. Kalo di Eropa terjadi gempa2 besar... naaaa... itu baru aneh. Aku bersyukur bahwa dengan adanya gempa2 yang hebat akhir2 ini, pemerintah Indonesia mulai memikirkan bagaimana cara mengurangi jumlah korban kalo terjadi gempa lagi. Kabarnya mulai sekarang akan disebarkan kepada masyarakat tentang hal2 yang dilakukan kl terjadi gempa. Hmmmm... ini benar2 bagus.

FYI aja, sejak aku pertama kali datang ke sini, aku dah langsung diinfokan bagaimana cara menghadapi bencana. Aku juga punya lho 1 tas emergency kit. Isinya adalah hal2 yg direkomendasikan oleh pemerintah Jepang. Di Indonesia ga pernah disosialisasikan masalah ini, but semoga bakal disosialisasikan. Tasku tu isinya paspor, uang receh, buku tabungan, air minum, biskuit cracker, sandal, baju 1, senter.

Kalo kode etik bencana disini kan... segera setelah terjadi bencana, nyalakan TV atau radio. Dulu pas terjadi gempa hebat di tempatku, ak langsung nyalain TV. Pengin tahu isinya? Tsunami warning. Boleh saja sedang acara sinetron atau musik, tapi tetep aja di pojok kanan tu ada peta jepang, daerah2 yg dikhawatirkan terjadi tsunami tu ditandai, beserta tambahan info berapa meter ketinggian tsunaminya. Bener2 heboh. Jepang memang selalu begini. Bahkan pas piala dunia kemarin, pas semifinal keknya, tiba2 Korea Utara menembakkan misil ke laut Jepang. Nah... itu di TV juga tiba2 aja ada warning gitu. Ga ilang2 tulisannya. Edan bener negara satu ini.

Aku seneng banget bahwa Indonesia nampaknya akan mulai ikut2an Jepang dalam hal menginfokan bencana menggunakan media TV dan radio. Cuma tetep aja ada masalah. Biasanya setelah gempa besar, kan listrik di Indonesia mati (kalo di Jepang, ak blum pernah ngalami ada listrik mati, habis gempa besar sekalipun listrik jg baek2 aja). Nah.. kalo listrik mati, trus masyarakat suruh akses TV atau radio dari mana donk? Sama juga bohong kan.

Untuk menanggulangi hal ini, usahakan sediakan radio portabel. Atau beli mp3 player yg ada fitur radionya. Jadi seandainyapun listrik mati dan kita ga bisa tahu informasi bencana dari TV, kan masih ada radio.

Kemaren pas giliran aku presentasi di lab, bosku bilang "Skr di indonesia banyak gempa ya. Kita semua juga harus siap2 lho. Bentar lagi kan daerah kita juga bakal ada gempa. Siklus (gempa) 60 tahun udah terlewati." Trus ada anak2 yang nahan ketawa gitu. Hmmm... bukan apa2 sih. Aku denger2 emang banyak orang2 Jepang tu yg udah merasa capek diperingatin masalah ini itu tentang gempa. Udah enek gitu. Yah maklum aja deh.. temen2ku tu kan pas jamannya sekolah... tiap tahun ada latihan penanggulangan gempa di sekolah. Sampai lulus sekolah tiap tahun ada latihan gempa... ya siapa juga yg ga enek. Lha wong di asramaku aja, tiap tahun ada latihan kebakaran. Ngeselin juga sih. Makanya ak bolos tahun ini hihihi.

Jadi inget dulu pas diperkirakan ada badai topan mau lewat daerahku. Ni topan yg ga maen2... karena pemerintah dah ngumumin di TV, ada kemungkinan listrik bakal dipadamkan selama 1-2 hari, sediakan bahan makanan di rumah, jangan keluar rumah, sedia air yg cukup. Nah... ak kan jarang liat TV (ak liat TV cuma kl habis gempa ajah hihihi), jadi ga tau. Untungnya dikasih tahu bosku. Itu juga gara2 bosku heran kok ak masih di lab. Karena berdasar anjuran pemerintah Jepang, pada jam tersebut, semua harus udah ada di rumah. Ya udah trus ak cepet2 belanja segala macam, bath-tub diisi air sampe full. Tapi booooo... topannya ga lewat daerahku blass. Hihihihi... padahal dah heboh banget persiapannya. Aku juga sempet nggondok juga sih hehehe.

Susah juga ya manusia tu. Giliran pemerintahnya sante2 aja (kek Indonesia), begitu ada bencana kita marah2 ama pemerintah. Giliran pemerintahnya sangat concern (kek Jepang), eh malah ngerasa enek. Hiihihi.. namanya saja manusia.


Comments: Post a Comment
The Journal

tomorrow should be better than today



Blogroll Me!

Subscribe with Bloglines

Add http://cikubembem.blogspot.com to your Kinja digest

Listed on BlogShares


The Writer

Momo-chan.
Bukan orang biasa.
Ga suka MASAK.
Pecinta rotenburo.



Something Happened




Contact me

Send an email


Important Note

Postingan di blog ini terdiri dari kisah nyata dan fiksi. Dalam teknik penulisan di blog ini, aku lebih memilih menggunakan sudut pandang orang pertama, meski tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan sudut pandang orang ketiga.
Mengingat ada beberapa postingan yang bersumber pada kisah nyata, maka demi menjaga kerahasiaan responden, aku tidak bersedia menjawab pertanyaan yang bersangkutan dengan jati diri responden.
Kesamaan nama, tempat dan peristiwa adalah kebetulan belaka. Dan semua itu bertujuan agar maksud postingan tersampaikan dengan baik.


Archives

November 2004
December 2004
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
December 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
January 2008
May 2008
June 2008
July 2008
August 2008
October 2008
December 2008
February 2009
March 2009


Previous Posts

Mr Penyetok Barang
Kalah semua
Bikin kue
The ones you called 'smart'
Discussion
Senyum sana senyum sini
Marriageable Women (part 1)
Apple vs Creative
Antara aku dan bahasa
Kado ulang tahun


Friends




Links

Panasonic Scholarship Japan
Panasonic Scholarship Indonesia
Mie University
Japanese-English Online Dictionary


Member of









Credits

  
  
  
  



Designed by mela
Get awesome blog templates like this one from BlogSkins.com