![]() |
one step ahead
|
Saturday, December 01, 2007
Pas awal-awal aku di Jepang, aku pernah belanja di konbini (convenience store) dekat kampus. Aku cuma belanja 200 yen, but aku ga punya uang kecil. Terpaksa aku bayar pake duit 10,000 sambil bilang ke kasirnya "Maaf ya, saya ga punya uang kecil ni." Kasirnya sante-sante aja dan langsung sigap ngasih kembalian. By the passing of time, aku sering ngeliatin orang-orang Jepang belanja. Dan ketika mereka ga punya uang kecil, mereka ga pernah minta maaf ke mas/mbak kasir. Dan mbak/mas kasir juga ga pernah nanya "Ada uang kecil?". Edan.... benar-benar customer service tingkat tinggi. Sejak itu, aku easy aja kalo belanja dikit tapi bayar pake uang besar. Ga pernah minta maaf ke kasirnya. Emang salah gitu, kalo ga punya uang kecil? Pada saat lain, ada temenku orang Indonesia yang sengaja datang liburan ke Jepang. Dia minta dianterin ke toko elektronik. Pada saat membayar, ternyata credit card temenku ditolak tapi alasannya ga jelas. Aneh banget, lha wong itu credit card gold gitu lho. Lagipula, semua tagihan juga udah lunas. Dan kemaren2 selalu bisa dipake belanja. Ya udah deh, akhirnya terpaksa pake credit cardku. Limitnya cuman 10 man sih. Tapi baru aku pake 3 man. So... masih cukup buat dipake bayar elektronik seharga 6 man. Tololnya, credit cardku ga bisa dipake. Ga masuk akal banget... wong baru dipake 3 man gitu lho. Mas kasirnya sangat simpatik banget. Dia langsung manggil manajernya. Trus manajernya nyoba nggesek lagi credit card kami berdua, tapi tetep aja ga bisa. Akhirnya diputuskan untuk mensplit tagihan. 3 man pake CC temenku, 3 man pake CC ku. Hasilnya? Tetep aja ga bisa. USOOOOO.... . Pada situasi seperti ini, kasir Indonesia pasti udah nagih credit card lain atau cara pembayaran lain. But mas kasir dan manajer Jepang ini ga mengeluarkan satu permintaanpun untuk melakukan pembayaran dengan cara lain. Bahkan dia malah menawarkan diri untuk menelpon penerbit kartu kreditku buat menanyakan kenapa CCku ga bisa dipake. Secara kebetulan aku masih ada cash 3 man, dan temenku masih punya cash 4 man, akhirnya kita berdua sepakat buat bayar cash aja. Mas kasir dan manajer langsung kaget dan merasa bersalah karena kita memutuskan untuk bayar cash. Mereka langsung minta maaf. Huahahaha... sungguh aneh. Itu cerita di Jepang lho. Negara yang memiliki customer service nomor satu di dunia (kata temenku yang udah melanglang di banyak negara). Bagaimana dengan di Indonesia???? One day.... aku beli kosmetik seharga 140rb di Carefour. Aku mau bayar pake debit card BCA. Setelah nyoba digesek, ternyata ga bisa. Waks... ngapain sih ini. Kesel aku. Trus mbaknya nanya ke mbak yang lain. Ternyata kartu BCA emang lagi ga bisa dipake hari itu. Dan tololnya, mbaknya BERANI-BERANINYA nanya "Punya kartu lain?" GOBLOK. Emang aku punya kartu lain, but karena mbaknya itu udah dengan ga sopan menyarankan pembayaran pake cara lain, akhirnya aku jadi kesel. Aku bilang ke dia "Ya udah, cancel aja", sambil langsung ngacir pergi. Mbaknya kebingungan, trus langsung ngejar aku, "Mbak ini jadi dibeli ga barangnya?". Dasar budeg, "CANCEL AJA!" Hari yang laen... aku nunggu keberangkatan kereta di Gambir sambil berencana minum es sarang burung di Hoka-Hoka Bento. Pas udah sampe kasir, ketika aku menyodorkan uang 50rb untuk membayar es sarang burung seharga 7rb-an, si mbak dengan goblognya nanya ,"Ada uang kecil? Ga ada kembaliannya mbak." Ketika mulutku hampir terbuka untuk bilang, "Ya udah, cancel aja", tiba-tiba temen di sebelahku bilang "Ya udah. Kalo gitu ini digabung ama punya saya aja." Whaaaaaat? Alhamdulillah punya temen baek yang mau bayarin, but kan aku sedang pengin ngasih pelajaran buat si mbak goblog ini. Huaaaaaaa gagal deh. Restoran Jepang kok pelayanannya kek restoran Indonesia. Di tengah-tengah kekesalanku... tiba-tiba terdengar bunyi krompyaaaaaaang. Ada gelas/piring pecah. Huahaha... aku langsung sorak-sorak bergembira. Salah sendiri lu bikin gw kesel. Belum tahu ya akibatnya kalo bikin ak kesel.
Comments:
Post a Comment
|
The Journal
tomorrow should be better than today ![]() Blogroll Me! ![]() ![]() ![]() The Writer
Momo-chan. Bukan orang biasa. Ga suka MASAK. Pecinta rotenburo. Something Happened Contact me Send an email Important Note
Postingan di blog ini terdiri dari kisah nyata dan fiksi. Dalam teknik penulisan di blog ini, aku lebih memilih menggunakan sudut pandang orang pertama, meski tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan sudut pandang orang ketiga. Mengingat ada beberapa postingan yang bersumber pada kisah nyata, maka demi menjaga kerahasiaan responden, aku tidak bersedia menjawab pertanyaan yang bersangkutan dengan jati diri responden. Kesamaan nama, tempat dan peristiwa adalah kebetulan belaka. Dan semua itu bertujuan agar maksud postingan tersampaikan dengan baik. Archives
November 2004 December 2004 January 2005 February 2005 March 2005 April 2005 May 2005 June 2005 July 2005 August 2005 September 2005 October 2005 November 2005 December 2005 January 2006 February 2006 March 2006 April 2006 May 2006 June 2006 July 2006 August 2006 September 2006 October 2006 November 2006 December 2006 January 2007 February 2007 March 2007 April 2007 May 2007 June 2007 July 2007 August 2007 September 2007 October 2007 November 2007 December 2007 January 2008 May 2008 June 2008 July 2008 August 2008 October 2008 December 2008 February 2009 March 2009 Previous Posts
Susahnya bahasa Indonesia Idol-idol an Kebaya Trial and error Why I hate omimai Menikah: Tambah saudara, tambah musuh juga donk Berat memang Persiapan nikah (2) Kyou no tanggal wa? Bumbu-bumbu mendokusai Friends
Links
Panasonic Scholarship Japan Panasonic Scholarship Indonesia Mie University Japanese-English Online Dictionary Member of ![]() ![]() ![]() Credits
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |